Monday, January 14, 2013

tugas sekolah :)









    
1.  Prosedur Penanganan Linen Inventory
·         Membuat housekeeping requisition,
·         Melakukan perbaikan dan daur ulang terhadap linen-linen yang rusak,
·         Melakukan pelelangan, dan
·         Menentukan standar baru untuk pengantian linen-linen yang rusak dan hilang tersebut.
·            Untuk memudahkan pengecekan setiap tumpuk linen harus sama jumlah dan jenisnya.
·          Usahakan ada celah antara tumpukan agar ada sirkulasi udara.
·          Gunakan sistem FIFO dalam pendistribusian.
·          Lena yang berukuran besar diletakkan pada rak paling bawah.
·          Lena yang sering digunakan diatur pada rak yang sejajar dengan tangan.
·          Berikan label untuk setiap jenis linen pada rak.
·         Sisihkan linen yang rusak.

Macam-macam Pelayanan Valet/Buttler Service
·        Valet and laundry pick-up & delivery
Adalah pelayanan dan pengambilan pakaian tamu yang telah selesai dilaundry. Layanan valet dapat dilakukan setiap waktu sesuai dengan permintaan tamu, kecuali untuk pengambilan pakaian yang bersifat next day service (layanan cucian untuk hari berikutnya).


·        Light clothes pressing on arrival
occupancy, dan 8 potong pakaian un tuk kamar double occupancy. Adalah layanan penyeterikaan pakaian tamu yang baru saja check in atau selambat-lambatnya satu hari setelah check in. Jumlah pakaian light pressing bagi setiap tamu adalah 4 potong pakaian utuk kamar meminta layanan ini satu hari setelah check in, maka dia harus single Layanan light pressing juga diberikan secara cuma-cuma untuk hari pertama. Apabila tamu membayar.
·        Laser Disc Service
Adalah layanan yang diberikan khusus untuk kamar-kamar VIP yang memiliki laser disc player, layanan ini juga diberikan secara cuma-cuma.
·        Packing and Un-packing service
Adalah jenis pelayanan bagi tamu yang ingin mengepak barang bawaannya atau apabila ia ingin membongkar isi kopernya. Pelayanan ini juga diberikan secara cuma cuma kepada setiap tamu yang memerlukan.

 
 
2.Valet ( Bootler )


A.Pengertian
Butler berasal dari kata bouteiller ( french ) atau bottler ( English ) yang berarti seseorang yang siap melayani atau menjaga tempat penyimpanan anggur di kerajaan .
 Bagian dari buttler ada juga yang di sebut valet arti nya seorang pembantu / pelayan pribadi yang melayani tuan nya , bisa juga di buat menjadi tingkatan dari servans menjadi valet menjadi buttler dan terakhir menjadi di sebut Housekeeper .

Pengertian Butler Service Attendant

·        Menurut Ir. Endar Sugiarto,MM (2002:119), Butler Service Attendant adalah karyawan hotel yang mampu memberikan sejumlah layanan kepada tamu baik di Front Office, Housekeeping maupun Food & Beverage.
·        Pengertian Butler Service menurut Ir. Endar Sugiarto, MM (2003:120), merupakan salah satu bidang layanan atau jasa yang dituntut untuk memberikan kepuasan tamu.
Menurut wikipedia (The Free encyclopedia), A Butler isthe senior manager of a formal or multi-staffed household, usually in charge of only one residence. A butler typically has professional training and formal experience in the field. A butler can be a live-in or live out employee.(Terakhir diubah pada 06:12,25Januari 2008).

·        Yang dapat diartikan, Butler di dunia barat dan terutama di Britania Rata dan bekas jajahannya adalah pelayan senior dalam sebuah rumah tangga. Posisi ini telah ada sejak ratusan tahun, namun dalam arti modern seorang butler bertanggung jawab tergadap makanan, minuman, alat makan, menyelia pelayan lain, dan kadang melakukan tugas-tugas lain. Istilah-istilah lain untuk butler adalah Butler administrator, staff manager, dan head of household staff.


B.     Tugas Dan Tanggung Jawab
·        Kegiatan Folding & Packaging selesai dan hasilnya telah terkumpul di pigeon hole sesuai dengan no kamarnya.
·        Menyiapkan (dipastikan bersih dan tidak macet) alat bantu kerja untuk mengantar laundry ke kamar tamu.
·        Meletakkan/menggantungkan dan mengatur letak laundry tamu pada alat bantu kerja, sehingga memudahkan pengantaran (efisien sesuai urutan no kamar/floor; dari no. kamar yang terkecil sampai terbesar) dan memudahkan pengambilan nantinya ketika sampai di kamar tamu yang dimaksud.
·        Mencatat/menyalin salinan Laundry List ke dalam Valet Delivery Report khususnya untuk : no kamar dan jumlah laundry yang akan diantar.
·        Mengantar laundry ke kamar-kamar tamu sesuai dengan Valet Delivery Report.
·        Memberikan tanda pada Valet Delivery Report sebagai bukti Valet Delivery telah dilakukan.
·        Laundry bersih diterima oleh tamu atau telah berada di kamar sesuai  dengan Laundry list
·        Laundry dalam jumlah sesuai dengan laundry list, dalam kondisi bersih, rapi, harum, dan dikemas sesuai dengan aturan pengemasan (IK folding & packaging).
·        Diterima tepat waktu sesuai dengan jenis pelayanan yang terdapat dalam Laundry List.
·        Terdapat bukti tanda terima/tanda bukti pengantaran

C.   Prosedur Penanganan
  • Periksa apakah daftar cucian/list ada, telah diisi dengan benar, kalau belum diisi, isilah dengan benar.
  • Periksa jumlahnya apakah sesuai dengan yang diisi oleh tamu, kalau jumlah tidak sesuai tulislah jumlah yang benar dan pada daftar cucian dicounter-signed oleh Laundry Supervisor.
  • Periksa keadaan pakaian, apakah ada yang rusak / robek, luntur, susut/ciut, kancingnya hilang dan lain-lain. Mintalah persetujuan untuk diproses lebih lanjut dengan mengisi formulir yang disebut     “Letter of Confirmation.” Valet juga menandatangani atas nama Laundry Manager
  • Tulislah semua pesan tamu dengan mudah dan jelas.
  • Periksalah seluruh kantong  yang ada pada pakaian dan kembalikan apa saja yang terdapat di kantong langsung pada tamunya, jika tamu tidak ada serahkan pada Lost & Found di Housekeeping Dept. Dan beritahu Duty Manager, Housekeeping supaya membuat Lost & Found List dan ditanda tangani olehnya.
  • Bawalah semua cucian yang telah diperiksa tsb ke checker guest laundry untuk segera diproses.
  • Letter of confirmation diserahkan ke Laundry Office staff untuk disimpan.
  • Tulislah semua cucian yang diambil ke dalam valet pick-up report.
D.    Jenis Jenis Formulir Yang Digunakan

  • Valet Delivery Report Form
  •  Laundry List
  •  Valet Pick Up Report
  •  Log Book
  •  Lost & Found List
  • Letter of Confirmation

No comments:

Post a Comment