Saturday, February 16, 2013

HOUSEKEEPING



HOUSEKEEPING
Membersihkan Kamar Tamu
Hotel menyediakan banyak fasilitas untuk memanjakan pelanggannya dengan memberi rasa nyaman dan aman agar pelanggan merasa betah. Room mempunyai kontribusi yang sangat besar untuk meningkatkan image hotel secara keseluruhan. oleh sebab itu, room yang dijual kepada tamu harus dijaga dan dirawat kebersihannya.
Dalam hal ini, Room Attendant berperan penting untuk meningkatkan image hotel terhadap pelanggan dengan cara menyediakan, mempersiapkan dan menjaga kebersihan setiap kamar tamu. Kondisi kamar dapat menyampaikan suatu pesan dan buruknya karyawan dalam mempersiapkan kamar yang nyaman dan bersih bagi tamu.

Selain kebersihan, kecepatan untuk menyediakan kamar bersih juga memberikan nilai tambah bagi
housekeeping. Ketersediaan kamar akan mengindari tamu untuk menunggu pada saat check in. Oleh sebab itu, Ketika room attendant telah selesai membersihkan
suatu kamar maka Floor Supervisor harus me-release status kamar tersebut secepatnya. Jangan menunda!.

Prosedur pembersihan kamar perlu diperhatikan sedemikian rupa untuk memastikan semua bagian di dalam kamar tidak ada yang terlewatkan. Pembersihan harus dilakukan secara detail termasuk kerapian, kelengkapan amenities dan kebersihan. Pekerjaan utama dalam proses pembersihan kamar terdiri dari preperation (persiapan), process (pembersihan) dan finishing (pengecekan).

  • PERSIAPAN

    Pada tahap persiapan ini, room Attendant melakukan persiapan sebagai berikut :

    • Melapor ke housekeeping office dengan menandatangani daftar hadir (attendance record) pada kolom Time In.
    • Mengambil room assignment sheet yang merupakan daftar kamar-kamar yang harus dikerjakan oleh room attendant. room assignment sheet ini dipersiapkan oleh floor supervisor untuk mengatur alokasi room atttendant dalam pembersihan semua kamar di hotel.
    • Mengambil kunci kamar (Master key) sesuai dengan daftar kamar pada room assignment sheet kemudian menandatangani pada “key log book” pada kolom Key Out.
    • Mengikuti “Morning briefing” yang dipimpin oleh supervisor untuk mendapatkan informasi mengenai aktivitas hotel misalnya : EA, ED, VIP, dan lain-lain.
    • Room attendant menuju section masing-masing sesuai dengan lantainya kemudian mengambil “trolley” sebagai tempat penyimpanan semua peralatan penunjang kamar.
    • Kemudian, mengecek semua kamar untuk memastikan status kamar sesuai dari system komputer sama dengan status fisik.
      Selain itu, tujuan lainnya adalah mengecek laundry tamu, mengecek kamar yang ada tanda “SERVICE dan DND” dan sebagai laporan untuk room discrepancy
    • Hasil pengecekan fisik ini akan dilaporkan ke floor supervisor sabagai laporan morning housekeeping report setelah dikumpulkan dari semua room attendant yang bertugas.
    • Room attendant sudah siap melakukan pembersihan kamar. biasanya akan dimuali dari kamar-kamar yang ada tanda “service”.

  • PEMBERSIHAN

    Pada tahap ini, room attendant sudah siap membersihkan kamar tamu, Prosedur pembersihan yang dilakukan meliputi hal-hal
    sebagai berikut :


    • Entering the guestroom

      • Bell kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada respon ulangi lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu
        secara perlahan sambil mengatakan housekeeping.
      • Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dapat dibersihkan.
    • Begining Task

      • Bawa masuk caddy tray dan linen bersih ke dalam kamar. letakkan caddy ke bathroom dan linen diatas luggage rack.
      • Buka curtain supaya penerangan di dalam kamar lebih terang. Buka jendela untuk sirkulasi udara segar (beberapa hotel jendela tidak dapat dibuka dengan alasan keamanan).
      • Bawa gelas, ashtray, cangkir ke basin di bathroom. bila ada tray dar room service hubungi room service untuk pick up.
      • Bersihkan tempat sampah dan buang sampah tersebut ke rubbish bag di trolley.
      • Periksa semua ruangan untuk melihat apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal.

    • Stripping the bed

      • Pindahkan bila ada barang / pakaian tamu ke tempat, setelah selesai making kembalikan ke posisi awal.
      • Lepaskan sarung bantal satu per satu kemudian letakkan bantal diatas meja/sofa.
      • Tarik sheet kotor satu per satu agar barang yang ada di bed tersebut tidak terbawa ke laundry.
      • Pindahkan semua linen kotor ke linen bag pada trolley.

    • Making the bed

      • Periksa kebersihan bed pad, ganti bila kotor.
      • Letakkan sheet pertama di tengah bed, kemudian kunci masing-masing sudutnya dengan membentuk sudut 45 derajat.
      • Letakkan duvet cover seperti sheet pertama, ujung atas duvet sejajar dengan tepi bed, kemudian rapikan hingga terlihat kencang.
      • Letakkan bantal yang sudah dipasang sarung bantal pada ujung bed dekat head board.
      • letakkan bed runner sebelah bawah dari bed.

    • Dusting

      • Proses dusting sebaiknya dilakukan secara terarah (se-arah jarum jam) untuk memastikan semua furniture
        tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance, skirting, desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table, wardrobe, dan lain-lain.
      • Lengkapi semua guest amenities yang dipakai oleh tamu dengan yang baru sebagai syarat kelengkapan kamar.

    • Cleaning the bathroom

      • Bersihkan Glass tumbler yang kotor.
      • Bersihkan toilet, bathtup, shower, basin dan mirror.
      • Ganti towel yang kotor dengan yang bersih sesuai dengan standar.
      • Ganti dengan yang baru semua amenities yang dipakai. letakkan sesuai dengan standar.
      • Bersihkan lantai kamar mandi, pastikan bahwa rambut tidak ada yang tertinggal.

    • Vacuuming the room
      Vacuum lantai dari area yang paling jauh dari pintu dengan cara berjalan mundur. pastikan semua permukaan lantai tidak ada yang terlewatkan.

  • PENGECEKAN

    Pada tahap ini, room attendant memeriksa ulang kamar yang telah dibersihkan agar kamar tersebut sesuai dengan standar.
    Adapun prosedure pengeceken meliputi :

    • Kebersihan merupakan tujuan dari proses pembersihan, target kebersihan termasuk wall, furnitures, paintings, lamps, floor, linen, dan ceiling.
    • Kerapihan merupakan pengaturan terhadap semua peralatan didalam kamar agar tertata baik dan rapi agar kelihatan menarik.
    • Kelengkapan merupakan proses pengecekan terhadap semua amenities dan linens yang menjadi standar dari kamar tersebut dilengkapi setelah dipakai oleh tamu.
    • Kerusakan bertujuan untuk memastikan semua perlengkapan di kamar dapat berfungsi dengan baik, misalnya lampu yang mati, remot control, furniture yang tergores, dan lain-lain.
    • Kesegaran merupakan proses pengecekan terhadap kesegaran kamar. kamar yang baik adalah “fresh” bukan bau rokok, bau parfurm, dan lain-lain

Menentukan Pembersihan Kamar
Housekeeping bertanggung jawab dalam penyediaan dan membersihkan semua kamar, termasuk kamar kosong yang kotor (vacant dirty) dan kamar yang ada tamunya (occupaid). Kecepatan dalam menyediakan dan membersihkan semua kamar memberikan pesan bahwa housekeeping sudah melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik (well organized).
Sungguh masuk akal bila room attendant melakukan proses pembersihan kamar secara berurut atau beraturan, misalnya mulai dari kamar 1101,1102,1103,……dan seterusnya. Namun perlu diketahui bahwa hotel berarti “menyediakan dan melayani” sebagai tujuan utamamnya, artinya tindakan-tindakan yang dibuat selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan, baik bagi tamu yang masih berada di hotel (in house) maupun bagi tamu yang akan datang (arrival).
Langkah-langkah dibawah ini dapat digunakan room attendant dalam menetapkan skala prioritas untuk
membersihkan kamar tamu dengan mengakomodasi semua kepentingan terutama pihak hotel yang berarti departement housekeeping, Skala prioritas di buat guna membantu housekeeping dapat mengutamakan yang utama dalam menyelesaikan kamar, antara lain :
  • Mulai dari permintaan tamu (request early cleaning)
  • Kamar-kamar dengan code VIP
  • Kamar dengan tanda “Service” atau “Please make up my room
  • Kamar kosong dengan status kotor (vacant dirty)
  • Kamar yang masih ada tamunya (occupaid / stayovers)
  • Kamar dengan status expected departure (ED)
Namun kondisi hotel dengan occupancy tinggi, biasanya housekeeping akan menguamakan kamar yang status vacant dirty menjadi prioritas utama untuk dibersihkan agar kamar tersebut dapat dijual ke tamu yang lain.

ROOM STATUS  
During the guest’s stay, the housekeeping status of the guestroom changes several times. The various terms defined are typical of the room status terminology of the lodging industry. Not every room status will occur for each guestroom during every stay.
  • Occupied: A guest is currently registered to the room.
  • Complimentary: The room is occupied, but the guest is assessed no charge for its use.
  • Stay Over: The guest is not expected to check out today and will remain at least one more night.
  • On-change: The guest has departed, but the room has not yet been cleaned and readied for re-sale.
  • Do Not Disturb: The guest has requested not to be disturbed.
  • Sleep-out: A guest is registered to the room, but the bed has not been used.
  • Skipper: The guest has left the hotel without making arrangements to settle his or her account.
  • Sleeper: The guest has settled his or her account and left the hotel, but the front office staff has failed to properly update the room’s status.
  • Vacant and ready: The room has been cleaned and inspected and is ready for an arriving guest.
  • Out-of-order: The room cannot be assigned to a guest. A room may be out-of-order for a variety of reasons including the need for maintenance, refurbishing, and extensive cleaning.
  • Double Lock: The guest room door is locked from inside and outside two times so that no one can enter.
  • Lockout: The room has been locked so that the guest cannot re-enter until a hotel official clears him or her.
  • DNCO (Did Not Check Out): The guest made arrangements to settle his or her account (and thus is not a skipper), but has left without informing the front office.
  • Due out: The room is expected to become vacant after the following day’s checkout time.
  • Do Not Paid: The guest is going to check out from  the hotel today.
  • Checkout: The guest has settled his or her account, returned the room keys, and left the hotel.
  • Late Check-out: The guest has requested and is being allowed to check out later than the hotel’s standard check-out time.

Tugas dari Room boy / Room Maid
ROOM BOY
• NAMA JABATAN : ROOM BOY
• DIVISI : ROOM DIVISION
• DEPARTEMEN : HOUSEKEEPING
                                        

KEDUDUKAN DALAM ORGANISASI
Atasan langsung     : HK SUPERVISOR
Bawahan langsung            : -

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB                  :

·        Melaksanakan Kebersihan setiap kamar berikut kelengkapannya.
·        Melaksanakan keersihan Roomboy Station dan Roomboy Trolley berikut kelengkapannya.
·        Melaksanakan kebersihan setiap koridor.


Tugas Pokok
o  
Mengecek semua kamar pada permulaan shiftnya dan membuat Room Boy Sheet mengenai situasi kamar ssuai dengan kode yang telah ditentukan.

o   Mengambil linen atau towel, cleaning supplies, guest supplies dan perlengkapan atau peralatan kerja lainnya, kemudian diatur ke trolley dan lain-lain.

o   Mengontrol inventaris, kondisi kebersihan dan kelengkapan setiap kamar di flornya masing-masing.

o   Membersihkan, mengganti dan melengkapi sesuai standard :
- Bed room
- Bath room
- Furniture dan kelengkapan kamar lainnya.

o   Making bed.

o   Mengganti linen atau towel yang kotor dis etiap kamar.

o   Vacuum cleaning, mengepel lantai untuk kamar-kamar tanpa karpet.

o   Melaporkan segala kerusakan, kehilangan, kejadian yang tidak semestinya kepada FO dan HK Supervisor.

o   Menolong Valet (Laundry) untuk mengumpulkan cucian tamu yang dilaundrykan.

o   Menolong Room Service mengeluarkan piring atau alat makan yang kotor.

o   Mengembalikan linen atau towel, sisa guest supplies, cleaning supplies, cleaning equipment ke Linen Room/Roomboy Station Floor masing-masing.

o   Membersihkan atau mengatur kembali trolley.

o   Menerima atau melaksanakan perintah atasan.

o   Bekerja sama yang baik dengan rekan kerja di Department HK dan Department lainnya.

No comments:

Post a Comment